cerita mbun

6 Lagu Religi Terbaru Tahun 2021; Easy Listening dan Adem Banget!

2 komentar


Ramadan adalah bulan yang istimewa. Berbeda dengan bulan yang lainnya. Ciri khasnya yaitu, banyak yang menjual makanan takjil untuk berbuka puasa. Acara televisi pun ikut merayakannya dengan adanya program sahur dan ceramah menjelang buka puasa. Kalau kita pergi ke mall, deretan baju dipenuhi busana muslim dan muslimah untuk persiapan lebaran nanti. 

Tak ketinggalan terdengar lagu-lagu religi disetiap sudut langit-langit mall menambah khas suasana Ramadhan. Yang paling diingat dan selalu diputar dimanapun setiap tahunnya adalah lagu dari Maher Zain. Lagu yang berjudul Insya Allah ini seperti sudah melekat pada setiap Ramadan, meski lagu religi yang baru bermunculan setiap tahunnya.

Tak kalah dengan Ramadan sebelumnya, tahun ini juga banyak penyanyi yang merilis lagu religi. Berikut aku rangkum lagu religi beserta kutipan liriknya. Yang easy listening dan bikin pengen dengerin terus-menerus.

1. Ungu & Lesti - Bismillah Cinta


Band Ungu kembali hadir dengan personil lengkapnya. Setelah vokalisnya Pasha Ungu disibukkan menjadi wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah. Siapa sangka, Ungu akan berkolaborasi dengan juara dangdut D'Academy, Lesti Kejora akan seciamik ini. Pasalnya Lesti dengan cengkok dangdutnya yang khas, mampu memadukannya dengan sebuah band legendaris, Ungu. Lagu yang ditulis oleh Pasha Ungu ini berhasil membuat lagu tersebut trending di YouTube.

Lagu ini menceritakan tentang kebahagiaan umat muslim dengan hadirnya bulan Ramadan, tentang pandemi yang membuat semuanya sulit dan hubungan cinta jarak jauh. Dengan "Bismillah Cinta" mereka meyakini bisa melewati semuanya dengan baik apapun ujiannya.

LIRIK:

Bismillah Cinta
Panjatkan doa pada yang kuasa
Bersujur padanya dengan air mata
Insya Allah Ramadhan membawa hikmat

Salah satu penggalan lirik ini bikin semangat. Mengingatkan kita, apapun bentuk ujiannya, jangan pernah lupa untuk berdoa dan memohon hanya kepada-Nya. Ramadan selalu membawa berkah tersendiri untuk setiap umatnya.

2. Sabyan - Sapu Jagat


Sabyan, grup musik gambus selalu menghiasi permusikan saat Ramadan. Lagu ciptaan Ayus sang keyboardis ini membuat aku bermuhasabah diri. Mengingat kembali apa yang telah aku perbuat selama ini. Lagu ini bermakna tentang kekhilafan seseorang dan memohon kebaikan didunia dan akhirat. 

Lirik:

Berserah pada Nya tuk menggapai semua
Yakinku cara Mu lah yang terbaik untukku
Bawa hatiku pergi tuk slalu bersama Mu
Demi kebaikan dunia dan keabadian

Bagaimanapun kita membuat rencana, tetap rencana Allah lah yang terbaik. Meski diawal tidak mengerti mengapa Allah memberikan apa yang tidak kita pinta,  kita akan mengerti bahwa itulah yang terbaik untuk kita. 

3. Nashwa Zahira-padamu ku kembali


Masih ingat dengan Nashwa? Kontestan Indonesian Idol junior 2018 asal Medan ini, hadir dengan nuansa baru, membawakan lagu religi. Walau saat menjadi Top 5  sempat jadi perbincangan warga net karena suaranya, tapi Nashwa mampu membuktikannya dengan menyanyikan lagu Padamu ku Kembali dengan merdu. 

Lagu ini bermakna memohon pengampunan Nya dengan berdoa atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama ini. Lagu yang ditulis Nashwa sendiri bikin adem banget yaaa. Ini termasuk favoritku loh. 

Lirik:

Maafkan diriku
Sering melupakanmu
Saat nikmat dunia butakanku

4. Bunga Reyza - Menyembah Mu


Finalis ajang Voice of Ramadhan (VOR) 2019 ini kembali hadir dengan single kedua yang indah banget. Lagu ciptaan Galang Defriyan ini menggambarkan suasana seseorang yang sadar akan kemegahan Allah dalam hidupnya dan ingin berjalan sesuai kehendak-Nya.

Lirik:

Tiada lagi yang diragukan
Karena sudah suratan
Kau perintahkan aku dan MakhlukMu
Hidup di dunia hanya menyembahMu

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi besok, maka teruslah hidup dalam melakukan kebaikan. Jangan pernah bosan menjadi orang baik. 

5. Ada Band - Senandung Lagu Cinta


Lagu yang diciptakan oleh Dika Satjadibrata, bassis Ada Band ini adalah lagu lama tahun 2006 yang dirilis kembali dengan aransemen yang berbeda, dengan nuansa musik religi. Wah kreatif, ya! Apalagi di lagu ini tersirat kecintaan seseorang terhadap dunia, yang tak lepas dari dosa. Dalam perjalanan hidupnya, ia menemukan keagungan Tuhan yang Maha Sempurna.

Lirik:

Keagungan sempurna
Yang tak terlukiskan 
Bahagiakan diri ini
Saat bersama-Mu

Duh Ada Band emang paling puitis kalau nulis lagu ya! Jadi kangen sama lagu-lagunya yang hits jaman-jaman aku SMP dulu (wah, jadi ketahuan udah tua nya yaa, hihi).

6. Agnes POPA - Nawaitu Surga


Masya Allah dengerin lagu ini tuh berasa damai banget. Apalagi dibawakan oleh runner-up Pop Academy, Agnes Cefira Marcelia. Lagunya bercerita tentang seseorang yang penuh dosa tapi berharap surga-Nya. Ini sih harapannya semua orang yaaa.

Lirik:

Dalam hatiku 
Menyebut nama-Mu
Meski diri ini banyak salah
Izinkan aku
Menggapai ridho-Mu
Ya Allah... ku Nawaitu Surga

PENUTUP

Demikian lagu religi yang jadi moodboster aku di Ramadan tahun 2021 ini. Dengan menambahkan kutipan lirik sebagai quote untuk pengingat, renungan dan muhasabah diri untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT. Kalau kamu suka yang mana? Atau punya versi lain? Share yuk!

Related Posts

2 komentar

  1. Hai kak, salam kenal ya. Perkenalkan nama saya Izzuddin, saya anak baru di 1M1C 😊

    Masya Allah, artikelnya sangat bermanfaat sekali kak, disertai dengan videonya juga 👍🏻

    Ternyata ada beberapa lagu yang belum pernah saya dengar dan ternyata sekerenn itu! 👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii Izzuddin. Saya juga baru kok, baru sebulan 😁

      Wah, terima kasih. Selamat mendengarkan yaa, enjoy! 🤗 kamu suka lagu yg mana? 😀

      Hapus

Posting Komentar